Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017
Tips Kesehatan Ala dr Bintari

Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Lebaran

Home / Kesehatan / Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Lebaran
Menjaga Kondisi Kesehatan Saat Lebaran Dokter Bintari (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Setelah berpuasa satu bulan lamanya, tanpa terasa kita sudah memasuki momen Idul Fitri atau hari kemenangan bagi umat Islam.

Menang karena telah terbiasa menahan hawa nafsu yaitu menahan makan dan minum di siang hari serta menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan pahala puasa.

Sudah menjadi tradisi, saat lebaran, kita melakukan silaturahmi, bermaaf-maafan pada keluarga, kerabat, sahabat dan handai taulan di mana saja. Biasanya di rumah banyak tersedia makanan khas lebaran yang banyak mengandung santan. Seperti opor dan rendang.

Termasuk kue kering, diantaranya nastar, kastengel, putri salju, juga makanan berkolesterol tinggi layaknya bakso dan soto jerohan.

Masih ada lagi minuman manis seperti aneka sirup, es buah, es krim  dan minuman dalam kemasan yang manis-manis. Siapa yang tidak tergoda untuk mengkonsumsinya?

Sebenarnya apabila diteruskan, kebiasaan-kebiasaan baik selama puasa Ramadhan, dalam 11 bulan lainnya, maka niscaya kita akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan sehat.  Namun kadangkala di hari kemenangan ini justru banyak godaan yang harus kita waspadai, karena dapat mempengaruhi kesehatan kita.

Apa saja tips agar tetap sehat di hari Lebaran?

1. Tidak lapar mata

Melihat aneka ragam makanan khas lebaran kadang-kadang membuat kita tergoda untuk mencicipinya. Itu sah-sah saja. Namun harus diingat bahwa apa yang enak belum tentu baik untuk kesehatan. Jadi harus selektif memilih apa makanan yang akan kita konsumsi.

Bila sudah mengambil opor sebaiknya jangan mengambil rendang, itu salah satu contohnya. Dengan kata lain harus tetap memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh kita agar tidak memicu obesitas setelah momen lebaran. Bagi penderita hipertensi makanan yang bersantan serta gurih dan asin dapat meningkatkan tekanan darah secara bermakna.

2. Memilih air putih daripada sirup dan minuman manis lainnya

Saat disuguhkan minuman manis dan air putih maka ada baiknya kita lebih memilih air putih karena minuman yang manis akan bisa menaikkan kadar gula terutama bagi penderita Diabetes Mellitus. Selain itu minum air putih juga baik bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

3. Makan yang berlebihan serta tidak terkontrol juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan

Hidangan lebaran seperti ketupat opor, rendang, sambal goreng hati yang pedas dan bersantan apabila dikonsumsi berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan seperti diare serta penyakit lambung.

4. Tetap memperhatikan asupan serat

Bagi yang menginginkan berat badan ideal setelah lebaran harus selalu memperhatikan asupan kalori yang tidak berlebihan disertai asupan serat cukup.

Hal ini dapat kita peroleh dari sayur dan buah-buahan. Jangan lupa tetap mengkonsumsi sayur dan buah di antara beragamnya hidangan khas lebaran.

5. Istirahat yang cukup
Kegiatan silaturahmi ke sanak keluarga dan sahabat hendaknya diimbangi dengan istirahat yang cukup agar badan senantiasa fit atau tidak mudah jatuh sakit.

6. Mencuci tangan dengan air dan sabun

Saat silaturahmi kita bersalaman dengan banyak orang jadi kemungkinan tertular penyakit seperti ISPA dan diare lebih besar. Dengan cuci tangan yang benar maka kemungkinan tertular penyakit akan semakin berkurang.

7. Sempatkan olahraga

Agar kondisi badan selalu bugar, sempatkan berolahraga rutin paling tidak 2 kali seminggu selama 1 sampai 2 jam. Intinya setelah lebaran kita harus selalu menjaga pola hidup sehat agar badan selalu bugar dan tidak mudah sakit. Semoga bermanfaat. (*)

Penulis adalah dr Bintari adalah tenaga medis RSI Fatimah Banyuwangi

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com