Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Yuk! Wisata Kuliner Mak Nyus ke ''Sentra Pengasapan Ikan'' Demak

Home / Kuliner / Yuk! Wisata Kuliner Mak Nyus ke ''Sentra Pengasapan Ikan'' Demak
Yuk! Wisata Kuliner Mak Nyus ke ''Sentra Pengasapan Ikan'' Demak MAK NYUS: Ikan asap yang diproses di Pasar Ikan Asap Demak. (Foto: Bejan Sahidan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DEMAK – Anda penikmat kuliner? Ada saatnya wajib datang ke Pasar Ikan atau Sentra Pengasapan Ikan Demak, Jawa Tengah. Di sana setiap hari bisa melihat, memotret, atau membeli jutaan ikan asap yang bikin ngiler. 

Ratusan tempat pengasapan ikan beratraksi setiap hari mengasap ikan laut dan air tawar. Yang hobi ikan pasti kumat nafsunya. Ikan-ikan asap setengah matang atau sudah matang siap disantap. Warna-warninya yang khas kemerahan membuat lapar yang melihatnya. 

pengasapan1uY4nK.jpg

Menuju ke sana tidak sulit. Dari bandara A Yani Semarang menuju Demak sekitar 30 KM. Pertigaan ring road lurus saja arah kota. Sampai pertigaan lampu merah (lapangan Tembiring) belok kiri 1 km.

Tanya orang ke arah Pengasapan Ikan kampung Wonosari. Hanya sekitar 1,5 KM anda sudah sampai. Lokasinya di bagian utara kota Demak dekat pantai. Ada kompleks sekitar 1 hektare yang dipakai usaha pengasapan ikan. Ini pasar pemerintah yang sekarang ditata rapi. 

pengasapan2o9ZVM.jpg

Jejaring TIMES Indonesia di Demak melaporkan, saban hari ratusan orang datang ke tempat itu untuk wisata ikan. Mereka membeli ikan asap segar asli dari pengasapnya. Baik yang pribadi maupun distributor berebut ikan untuk ditawar. Para pemborong umumnya distributor ikan yang memasok para pedagang pasar di Jawa Tengah.

Ada bermacam-macam jenis ikan asap. Ada ikan Pe (ikan pari), ikan tongkol, salem, ikan Pe Manyung, Ndas Manyung, lele asap, kakap asap dll. Ini jenis ikan yang pas untuk dimasak kuah pedas. Tetapi juga cocok untuk digoreng lalu dipenyet sambal. Yang mau masak cukup dicuci lalu masukkan tungku.

pengasapan3cZVOf.jpg

Tidak perlu dibongkar perutnya supaya bersih.

"Kalau sudah masak tinggal milah dagingnya. Dijamin ketagihan," tutur Sri Lestari, salah satu pedagang ikan asap.

pengasapan4MFwvq.jpg

Karena Demak tidak punya nelayan cukup, pasokan ikan mentah selama ini didatangkan dari pelabuhan Juwana Pati, Rembang, hingga Pasuruan Jawa Timur. Saban hari puluhan ton ikan datang dari sana. Lalu dicuci ditusuk-tusuk untuk diasap. Cerobong-cerobong asap menggelapkan alam sekitar setiap hari. Bahan bakar asap dari jantung jagung sangat cocok memberi warna ikan jadi kemerahan yang menarik. 

Uniknya, segala jenis ikan bisa diolah dengan asap di pasar ini. Ikan manyung misalnya. Tubuh dan ekornya dipotong-potong untuk asap daging manyung. Lalu kepalanya dibelah menjadi kuliner khas Semarang Ndhas Manyung. Kalau sudah dimasak satu porsi kepala besar sampai Rp 60 ribu. "Itu separo kepala loh. Tapi separo aja beratnya setengah kilo. Bisa dimakan dua orang," tambah Sri. 

pengasapan5KTwJX.jpg

Yang paling diburu pedagang adalah ikan asap Pe alias ikan pari. Ikan tipis-tipis ini bisa dipenyet sambal atau dimasak Pe. Orang Semarang sangat gandrung masakan ini. Apa lagi kalau diramu dengan terong pedas. "Hmmm bisa ngabisin nasi. Tapi harus selera pedas loh,"katanya.

Anton Susilo, Pendamping dan Pengelola Pengasapan Ikan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Demak menjelaskan, di Wonosari ada 78 los pengasapan, dengan sekitar 160-an pedagang karena satu los dipakai dua pedagang atau lebih. Sebagai  pengolah ikan ada 90 orang. Selain pengasapan Wonosari Bonang juga ada di Prampelan Sayung.

pengasapan6VOPhm.jpg

"Omset per los sekitar 10 kuintal, uang bersih minim Rp 100-200 ribu. Kebutuhan per hari 10 ton berbagai ikan manyung, tongkol, salem, pari, lele, belut, ikan bagong dan ganyaman,"paparnya.

Ikan asap dijual sampai Jakarta, Jogja, Semarang, Ungaran, Lendal, Batang, Salatiga hingga luar Jawa. Ikan manyung kepala rata-rata dijual Rp 30 ribu dan Rp18 ribu. Salem tongkol Rp 6.000, bagong semar Rp 4.000, irisan manyung Rp 2.000- Rp 3.000, ikan pari Rp 2.000-Rp 3.000 per iris. Lele Rp 3.000, tongkol Rp 6.000- Rp 8.000,  ganyaman Rp 5.000. (*)

pengasapan7dCORm.jpgIkan yang sudah proses pengasapan (Foto: Bejan Sahidan for TIMES Indonesia)

pengasapan8p3Uqu.jpgIkan siap untuk pengasapan (Foto: Bejan Sahidan for TIMES Indonesia)

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com