Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017
Tips Sehat Berpuasa ala dr Bintari

Makanan Sehat Berikut Ini Penting Dikonsumsi Saat Puasa

Home / Peristiwa / Makanan Sehat Berikut Ini Penting Dikonsumsi Saat Puasa
Makanan Sehat Berikut Ini Penting Dikonsumsi Saat Puasa Dokter Bintari Wuryaningsih, Dokter Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tak terasa, Bulan suci Ramadhan telah memasuki sepuluh hari pertama. Seperti kita ketahui bahwa Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia.

Mengingat keistimewaan bulan seribu bulan ini, ikhtiar kita adalah beribadah dengan ikhlas dan maksimal. Untuk mencapai niat itu, tentu diperlukan kondisi kesehatan yang baik agar kita mampu menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Agar tubuh sehat, maka diperlukan asupan makanan yang sehat agar dapat menunjang aktivitas kita saat berpuasa. Adapun makanan  sehat yang dapat dikonsumsi saat berbuka dan sahur, diantaranya adalah :

1. Kurma
Kurma adalah makanan yang saya anjurkan untuk selalu tersedia saat berbuka puasa. Mengkonsumsi buah Kurma sangat baik untuk menjaga stamina tubuh, karena cepat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. 

2. Madu
Madu juga baik untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur karena banyak mengandung glukosa dan fruktosa yang cepat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Selain itu, madu juga dapat melancarkan pecernaan. 

3. Air putih
Di saat puasa tubuh kita mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena itu perlu mendapat asupan air putih yang cukup. Agar terpenuhi kebutuhan cairan harian kita disarankan minum air putih kurang lebih 8 gelas diantara waktu buka dan sahur. 

4. Buah-buahan
Buah-buahan sangat baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan karena banyak mengandung serat. Manfaatnya dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Jenis buah yang baik untuk dikonsumsi adalah yang banyak mengandung air. Seperti semangka, melon, dan anggur.

5. Sayuran
Sayur- sayuran sangat baik dikonsumsi karena banyak mengandung serat. Sayuran juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Hal ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. 

6. Ikan
Ikan merupakan sumber protein pilihan di antara yang lain. Ikan juga mengandung sedikit lemak dan kolesterol yang sangat baik untuk kesehatan.

7. Teh hijau
Teh hijau adalah jenis minuman yang mengandung antioksidan. Selain itu, teh hijau juga baik untuk mencegah bau mulut. (*)

Penulis: dr Bintari Wuryaningsih, Dokter Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi, Jawa Timur.

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com