Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

Ingin Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa? Ini Kuncinya

Home / Kesehatan / Ingin Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa? Ini Kuncinya
Ingin Selalu Sehat dan Bugar Saat Puasa? Ini Kuncinya ILUSTRASI: Minum susu (Foto: istimewa)
Fokus Berita

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sering kali kita mendapati pemandangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat saat menjalankan ibadah puasa. Kadang kita juga memperhatikan ada segelintir orang yang (walau) berpuasa tetap bugar.

Mau tahu apa ya rahasianya?. Yuk kita simak berikut ini.

1. Ketika Sahur

Saat santap sahur, ada beberapa hal yang harus dihindari. Diantaranya, makanan yang manis atau terlalu banyak gula. Hal ini dikarenakan asupan makanan/minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa. Sebaiknya hindari fast-Food atau makanan cepat saji, gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.

Disamping itu, ketika sahur kita dianjurkan untuk minum susu, karena susu dapat mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya. Kemudian nih, menu yang disajikan sebaiknya menu yang mengandung banyak air, atau buah sekalian sehingga tubuh tidak dehidrasi saat berpuasa nanti. Yang diutamakan kurma. Karena kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian.

2. Saat Berpuasa

Buat anda yang memiliki kesibukan ekstra pada siang hari, dianjurkan untuk melakukan pekerjaan Anda dengan perlahan tapi pasti. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat anda stress. Soalnya, stress itu juga bisa menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar deh.

Terus!!! istirahatlah sejenak. Bila pada saat jam istirahat lebih baik Anda pakai untuk tidur sejenak. Dianjurkan setalah sholat zuhur, karena waktu itu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.

Kalau otot – otot anda kaku dan lemas, mungkin perlu melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa juga sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh anda.

3. Waktu Berbuka

Kalau sudah sampai waktu buka, jangan semua makanan yang ada diserobot semua nich kawan. Awali dengan berbuka yang manis seperti buah kurma. Lanjutkan dengan sholat Magrib dulu agar perut tidak kaget. Barulah makan makanan kesukaan Anda.

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com