Indikator
  • USD → IDR Jual: 13,338 • USD → IDR Beli: 13,352
  • EUR → IDR Jual: 14,126 • EUR → IDR Beli: 14,145
  • HKD → IDR Jual: 1,718 • HKD → IDR Beli: 1,720
  • JPY → IDR Jual: 117 • JPY → IDR Beli: 117
  • AUD → IDR Jual: 10,210 • AUD → IDR Beli: 10,226
  • SGD → IDR Jual: 9,371 • SGD → IDR Beli: 9,387
  • Emas Jual → 548,000 • Emas Beli → 523,000
  • Perak Jual → 10,900
  • Update Tanggal 07-03-2017

11 Tips Cerdas untuk Tetap Hemat saat Liburan

Home / Wisata / 11 Tips Cerdas untuk Tetap Hemat saat Liburan
11 Tips Cerdas untuk Tetap Hemat saat Liburan Foto: Pixabay

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain belanja, vakansi merupakan kegiatan yang menjadi salah satu penyebab borosnya saldo di rekening bank. Biaya transportasi, tempat penginapan atau hotel, uang saku, oleh-oleh, dan sebagainya merupakan alasan-alasan kenapa biaya piknik sangat mahal. 

Tidak heran kalau banyak orang yang menghindari liburan karena takut menghadapi pengeluaran yang membengkak. Padahal, jika tahu strateginya, Anda tetap bisa liburan dengan dana minim, kok. Untuk menemukan statreginya, simak 11 tips liburan hemat, namun tetap menyenangkan yang bisa Anda coba:

1.    Liburan saat Low Season

Liburan-saat-Low-SeasonzeLKQ.jpgSource - Pixabay

Tips pertama yang bisa Anda terapkan untuk menekan pengeluaran saat liburan adalah memilih jadwal dengan bijak. Sebaiknya, hindari berlibur saat peak-season, seperti akhir pekan dan hari libur nasional. 

Selain tiket kereta api atau pesawat susah didapat, tempat wisata juga akan penuh sesak oleh pengunjung pada hari-hari tersebut. Hal ini pasti akan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat berlibur. Sebagai alternatif, berliburlah saat hari biasa (Senin-Jumat).

2.    Menggunakan Kereta Api

Rel-Kereta-ApiBUyMZ.jpgSource - Pixabay

Dari sekian banyak jenis transportasi umum, kereta api adalah akomodasi yang paling murah. Nyaman, tepat waktu, serta cepat sampai tujuan, adalah beberapa alasan mengapa sekarang banyak orang lebih memilih bepergian dengan menggunakan kereta api dibanding moda transportasi lain.

Bagi Anda yang hendak liburan dalam waktu dekat, jangan lupa melakukan reservasi tiket kereta api melalui Traveloka.com, perusahaan partner PT KAI untuk penjualan tiket kereta api secara online. Di sini, Anda bisa memilih jenis kereta sesuai tempat tujuan, nomor tempat duduk, tanggal keberangkatan, dan sebagainya sesuai keinginan. Tentunya, harganya murah dan prosesnya mudah.

Sedikit tips, lebih baik memilih jadwal kereta dengan keberangkatan di malam hari karena Anda bisa istirahat dengan maksimal.

3.    Bawa Pakaian Secukupnya

Bawa-Pakaian-Secukupnya69z5b.jpgSource - Pixabay

Tujuan utama berlibur adalah relaksasi pikiran, bukan untuk gonta-ganti pakaian. Jadi, bawalah pakaian secukupnya. Kalau bisa, pilih jenis baju yang bisa dipakai berkali-kali tanpa perlu sering dicuci. 

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi beban tas atau koper yang masuk ke bagasi. Anda tentu sudah tahu jika pihak bandara/stasiun akan memberlakukan tarif tambahan bagi penumpang dengan muatan yang melebihi ketentuan, bukan?

4.    Bawa Bekal

MakananapGil.jpgSource - Wikipedia

Jika memungkinkan, bawalah bekal dari rumah untuk dimakan selama perjalanan. Tidak hanya kebersihan yang lebih terjamin, membawa bekal dari rumah akan membuat Anda urung membeli makanan di kereta, bus, atau tempat wisata yang harganya selalu lebih mahal dari harga standar.

5.    Jangan Makan di Restoran

Rumah-MakansNP0i.jpgSource - Wikipedia

Makan di restoran memang terlihat lebih berkelas daripada makan di warung atau tempat makan biasa. Namun, kebiasaan ini justru akan membuat dompet cepat kering.

Saat liburan, lebih baik carilah tempat makan yang menawarkan harga murah dengan menu yang tetap lezat. Biasanya, tempat makan seperti ini lokasinya agak jauh dari objek wisata. Demi berhemat, capek sedikit tak masalah, bukan?

6.    Kurangi Wisata Kuliner

KakiJ2lC.jpgSource - Pixabay

Tak sulit untuk menerapkan tips ini jika Anda bukan penghobi wisata kuliner. Daripada hanya mencicipi makanan khas, cobalah menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi tempat wisata yang Anda kunjungi, bersantai menikmati suasana, atau berjalan-jalan di sekitar objek wisata. Dengan cara ini, Anda bisa berhemat dan menekan pengeluaran dari membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

7.    Pilih Hotel Murah

KursxFtWj.jpgSource - Pixabay

Tips berikutnya adalah memilih hotel dengan harga sewa yang  terjangkau. Tidak masalah jika lokasinya sedikit jauh dari tempat wisata, asal ada dana yang bisa ditekan saat liburan.

Jika memungkinkan, tanyakan kepada resepsionis mengenai diskon khusus yang bisa Anda peroleh jika menginap di hotel tersebut, apa saja syaratnya, dan lain-lain. Umumnya, hotel-hotel selalu punya penawaran khusus yang tidak dibocorkan kepada tamu kecuali mereka bertanya langsung.

8.    Manfaatkan Fasilitas Hotel Sebaik Mungkin

OdoldKM57.jpgSource - Pixabay

Jika di tengah liburan Anda kehabisan pasta gigi, kehilangan charger ponsel, dan sebagainya, lebih baik tanyakan dulu pada pihak hotel apakah mereka punya barang yang Anda butuhkan. 

Biasanya, penginapan setara hotel menyediakan fasilitas seperti ini secara gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu membelinya dengan uang sendiri, yang artinya bisa menghemat pengeluaran meskipun sedikit.

9.    Sarapan di Hotel

Makanan-rotigKUSl.jpgSource - Pixabay

Menikmati sarapan yang disediakan hotel akan membuat Anda berhemat dengan tidak membeli makanan di luar atau di tempat wisata yang harganya selalu lebih mahal dari harga standar. Saat makan siang, Anda baru boleh makan di mana pun. Sebagai catatan, pilihlah makanan yang sesuai dengan bujet Anda.

10.    Pilih Objek Wisata Gratis

JalanZy95I.jpgSource - pixabay

Pergilah ke tempat-tempat wisata yang tidak mewajibkan pengunjung membayar biaya masuk atau setidaknya masuk dengan biaya murah. Ada banyak tempat wisata murah yang bisa Anda datangi, mulai dari wisata religi, sejarah, edukatif, dan sebagainya.

11.    Membeli Oleh-Oleh, Perlukah?

Oleh-olehmOBzg.jpgSource - Flickr

Jika tidak terlalu perlu, Anda sebaiknya jangan membeli oleh-oleh atau suvenir. Selain tidak memang tidak  begitu penting, hal ini juga tak akan membuat uang Anda cepat habis. Cukup nikmati liburan Anda semaksimal mungkin tanpa dibebani kewajiban membawa buah tangan saat pulang nanti.

Memang diperlukan usaha yang sedikit lebih keras untuk menerapkan tips liburan hemat seperti di atas, tapi bukan berarti Anda tidak bisa, bukan? Ayo, siapkan koper dan ransel Anda sekarang!

Berita Terkait

Komentar

301 Moved Permanently

Moved Permanently

The document has moved here.

Terpopuler

Top
Wawanita.com satriamedia.com